Rabu, 16 Februari 2011

kesehatan dan keselamatan dalam menggunakan internet

Terdapat beberapa langkah agar pengguna perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi tetap mengacu pada aturan kesehatan dan keselamatan kerja, yaitu: 
     1.Mengatur posisi duduk
Posisi duduk yang benar saat di depan computer akan memberikan kenyamanan. Dengan posisi yang benar, kita tidak akan cepat merasa lelah dan tidak cepat terasa pegal.
  1. Memperkirakan jarak pandang dengan monitor
Layar komputer setiap saat memancarkan sinar hasil perpedaraan berkas elektron di dalam tabung sinar katoda. Saat ini, perusahaan pembuat monitor terus berinovasi agar dampak negatife hasil perpedaran semakin berurang. Namun jika kita melihatnya secara terus menerus dari jarak dekat, mata kita dapat rusak akibat pengaruh sinar dari layer tersebut. Oleh karena itu, kadar radiasi sinar dari layer harus kita minimalkan dengan cara mengatur kontras dan kecerahannya, memasang pelindung radiasi, mengatur pencahayaan ruang kerja, atau dengan mengatur jarak dan cara pandang mata dari monitor. Jarak dan cara pandang yang benar antara mata dengan monitor, membuat mata tetap sehat dan tidak terasa lelah.
  1. Menggunakan computer dan teknologi computer sesuai prosedur
Seluruh perangkat teknologi informasi dan komunikasi, baik hardware maupun software-nya telah dilengkapi standart tertentu, termasuk standart untuk kesehatan dan keselamatan. Oleh karena itu, bacalah terlebih dahulu petunjuk yang diberikan bersamaan dengan produk yang kita beli/gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar